Thursday 11 August 2011

Polisi Tertibkan Ratusan Pelanggar Lalulintas

Penyebab kecelakaan lalulintas sering terjadi akibat kelalaian para pengendara. Salah satu kelalaian tersebut adalah mengabaikan rambu-rambu lalulintas yang terpasang di jalan.
Seperti yang kerap kali terjadi di Jalan Jawa di sebelah selatan Pasar Mimbaan Baru Situbondo. Di jalan ini, para pengendara roda dua banyak mengabaikan rambu tanda arus satu arah dari Jalan Sepudi ke arah Jalan Irian jaya. 
Meraka kebanyakan malas untuk memutar ke Jalan Bawean untuk menuju Jalan Sepudi. Karena itu, banyak pengendara motor memotong dari Jalan Irian Jaya dan langsung belok kanan ke Jalan Jawa menuju arah terminal bus. Padahal di pertigaan Jalan Irian Jaya - Jl Jawa terpasang rambu verboden (larangan masuk). 
Titik rawan kecelakaan lalulintas berada di pertigaan Jalan Sepudi yang memisahkan pasar dengan terminal. Untuk menekan angka kecelakaan, Satlantas Polres Situbondo melakukan penertiban terhadap pengendara motor yang melanggar rambu-rambu, Kamis siang (11/8) di perempatan Jalan Jawa-Madura. 
Hasilnya banyak pengendara motor yang terjaring razia. Sebagian para pengendara yang kena razia adalah kaum ibu yang pulang berbelanja dari pasar dan anak sekolah yang baru pulang dari sekolah.
Dalam operasi kemarin, para pelanggar yang bisa menunjukkan kelengkapan surat kendaraan dan SIM hanya diberi peringatan dan pembinaan tentang rambu-rambu lalu lintas yang terpasang di jalan. Namun bagi pengendara motor yang tidak membawa kelengkapan surat-surat, polisi tidak segan memberi surat tilang terhadap pelanggaran tersebut. 
“Pengendara motor yang lengkap surat-suratnya hanya kami beri pengarahan dan pembinaan, tapi yang tidak lengkap dengan tegas kami tilang sesuai dengan pelanggarannya,” tegas Baur Tilang Satlantas, AIPTU Subowo, SH. (aif)

No comments :

Post a Comment

Punya Informasi Penting di Sekitar Anda, Sampaikan ke Redaksi dengan menghubungi 081 358 328 188

Berita Terlaris

Mari Jaga Kesehatan

Makan Makanan Bergizi dan Seimbang


Redaksi Beranda Rakyat

Translate

Pemerintahan