Sunday 14 August 2011

Pancasila Kembali Disosialisasikan

Untuk Dimasukkan ke Kurikulum Sekolah dan Kuliah

BERANDA RAKYAT - Situbondo
* Pengenalan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara terhadap generasi penerus bangsa pada saat ini hampir tidak ada. Bahkan ada beberapa warga negara yang tidak hafal sila-sila yang tercantum dalam Pancasila.

Generasi muda Indonesia jaman sekarang hanya mengetahui dan hafal sila yang terdapat dalam Pancasila, namun tidak memahami kandungan arti dan makna di setiap sila tersebut.

Sejak tumbangnya Orde Baru, mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) tidak lagi dicantumkan dalam kurikulum sekolah. Bahkan pelatihan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) sama sekali tidak pernah diselenggarakan.

Terkikisnya nasionalisme di kalangan generasi muda pada masa Reformasi ini, akibat kurangnya pemahaman tentang Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara serta pandangan hidup bangsa.

Hal tersebut disampaikan Drs. Ach. Basarah, MH, anggota Komisi III DPR RI sekaligus anggota MPR RI, saat reses dengan menyelenggarakan sosialisasi Pancasila. Tujuan sosialisasi kembali Pancasila untuk menumbuhkan kembali semangat nasionalisme.

Kegiatan reses diisi dengan Sosialisasi 4 Pilar Bangsa yang intinya pengenalan kembali Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, landasan hukum dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Dalam pengarahannya, wakil rakyat dari PDIP tersebut menjelaskan bahwa pada tahun ajaran 2012 nanti Pancasila akan kembali dimasukkan dalam kurikulum sekolah dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

Pancasila sebagai ideologi negara berfungsi sebagai pemandu bagi pembuata peraturan negara maupun peraturan daerah. Sedangkan Pancasila sebagai pandangan hidup adalah panduan bagi warga negara untuk hidup berketuhanan, bersosialisasi satu sama lain, bertoleransi dalam keagamaan serta saling bergotong royong, dan bersama-sama dalam bermasyarakat dan bernegara.

Peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut pada umumnya para kepala desa di seluruh wolayah kabupaten Situbondo serta beberapa anggota LSM. (aif)

No comments :

Post a Comment

Punya Informasi Penting di Sekitar Anda, Sampaikan ke Redaksi dengan menghubungi 081 358 328 188

Berita Terlaris

Mari Jaga Kesehatan

Makan Makanan Bergizi dan Seimbang


Redaksi Beranda Rakyat

Translate

Pemerintahan