Thursday 18 August 2011

Cegah Tindak Kriminal dengan Stiker

BERANDA RAKYAT Situbondo * Selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1432 Hijriyah, jajaran Polsek Panji berupaya situasi tetap terjaga.

Upaya preventif dilakukan dengan menyebar stiker berisi himbauan waspada terhadap tindak kriminal di tempat-tempat umum seperti pasar dan terminal bus.

Upaya tersebut dilakukan setelah melihat tingkat tinbdak kejahatan di wilayah kabupaten Situbondo yang selama sebulan terakhir meningkat. Karena itu, antisipasi dilakukan demi mencegah terjadinya tindak kejahatan, terutama saat Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriyah yang diperkirakan jatuh pada tanggal 31 Agustus 2011 nanti.

Himbauan Kamtibmas tersebut berisi peringatan agar masyarakat berhati-hati saat merayakan Lbaran. Terutama ketika menaiki kendaraan umum, yaitu saat pelaku kejahatan sering melakukan aksinya.

"Salah satunya dengan modus operandi menawarkan minuman atau makanan yang sudah dicampuri obat bius untuk membuat korbannya tidak sadarkan diri," ungkap AKP Mas Achmad S.

Seperti kejadian terakhir, seorang sopir mobil rental asal Pulau Bali yang disuguhi kopi yang sudah dibubuhi obat bius oleh penumpangnya di Hotel Sarworini Situbondo. 

Mobil Toyota Avanza akhirnya dibawa kabur penumpang yang menyewanya dari Bali ketika sang sopir pingsan setelah meminum kopi bercampur obat bius di kamar hotel. Aksi kejahatan lainnya juga terjadi. Aksi penjambretan juga mengincar di pusat-pusat perbelanjaan bak di pertokoan maupun di pasar.

Selain memasang stiker himbauan Kamtibmas, Polisi juga memasang spanduk bertuliskan himbauan agar memarkir kendaraan dengan tertib serta mengunci stir kendaraan roda dua yang di parkit dengan kunci ganda.

Kapolsek Panji AKP Mas Ahmad Sujalmo, SH menjelaskan seringnya terjadi tindak kejahatan terhadap para penumpang bus umum akibat dari lengahnya para penumpang itu sendiri. Untuk pencegahan dini tindak kriminal terjadi, polisi memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat agar hati-hati dan waspada.

“Aksi kejahatan yang biasa terjadi adalah curanmor, pembiusan penumpang bus dan penjambretan. Kami melakukan cegah dini tindak kriminal dengan cara memasang pamflet yang berisi himbauan Kamtibmas kepada seluruh masyarakat” tegas Kapolsek.

Stiker tersebut ditempelkan di semua tempat umum, terutama pusat perbelanjaan dan terminal agar bisa dibaca oleh masyarakat. Upaya ini juga pernah dilakukan AKP Mas Achmad S ketika dia menjabat sebagai Kapolsek Sumbersari, Kabupaten Jember.(aif)

No comments :

Post a Comment

Punya Informasi Penting di Sekitar Anda, Sampaikan ke Redaksi dengan menghubungi 081 358 328 188

Berita Terlaris

Mari Jaga Kesehatan

Makan Makanan Bergizi dan Seimbang


Redaksi Beranda Rakyat

Translate

Pemerintahan