Thursday 27 November 2014

Massa Lempari Rumah Pendukung Calon Kades



Siti Aminah memberikan penjelasan pelemparan rumahnya oleh massa.
JEMBER - Massa melempari rumah Suroto, warga Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Diduga efek Pilkades.



Rumah Suroto di Dusun Cangkring Baru dilempari massa, Kamis (27/11/2014) pukul 19.00. Diduga kuat pelaku merupakan pendukung salah satu calon kepala desa yang kalah dalam pemilihan kepala desa (Pilkades).

“Kalau berani keluar. Ayo keket (berkelahi, red). Saya tunggu di timur,” kata Siti Aminah, istri Suroto, menirukan tantangan yang diteriakkan pelaku.

Menurut Siti Aminah, peristiwa malam itu berjalan singkat. Menjelang adzan isya’ ada massa yang mengendarai sepeda motor. Mereka berhenti di luar pagar rumah.

Upaya intimidasi dilakukan massa dengan menggeber suara motor. Teriakan-teriakan massa bernada menantang juga terdengar jelas. Umpatan dalam kata-kata kotor juga terlontar dari massa.

Sejurus kemudian mereka melempari rumah korban dengan batu dan botol bekas. Akibatnya, beberapa bagian rumah rusak. Diantaranya kaca jendela bagian depan sebelah kanan pecah berantakan.

Mushollah di depan rumah korban juga menjadi sasaran pelemparan. Kaca pecah berserakan. Atap dan genting juga berlubang akibat lemparan massa. Beruntung tak ada korban terluka akibat aksi massa tersebut.

Setelah kejadian, keluarga Suroto langsung melaporkan peristiwa itu ke Mapolsek Jenggawah. Belum ada pernyataan resmi dari kepoisian terkait peristiwa itu. Seorang petugas hanya menyatakan masih mendalami dan menyelidiki laporan dari korban.

Informasi yang didapat menyebutkan, peristiwa itu diduga dipicu perbedaan pilihan figur calon kepala desa. Diketahui Suroto menjadi pendukung salah satu calon kepala desa dari dusun lain. 
Padahal di dusun Suroto ada seorang calon yang juga maju sebagai kandidat.

Pada Kamis (27/11/2014) diselenggarakan pemilihan kepala desa secara serentak di 59 desa di 25 kecamatan. Setiap desa yang menyelenggarakan mendapat subsidi dari pemerintah sebesar Rp. 75 juta. (ruz/yud)
Punya Informasi Penting di Sekitar Anda, Sampaikan ke Redaksi dengan menghubungi 081 358 328 188

Berita Terlaris

Mari Jaga Kesehatan

Makan Makanan Bergizi dan Seimbang


Redaksi Beranda Rakyat

Translate

Pemerintahan