Saturday 19 March 2016

KIP Jatim Desak Pemerintah Laporan Tri Wulan ke Publik



Mahbub Junaidi (kanan).

Beranda Rakyat Jember – 
Anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Propinsi Jawa Timur Mahbub Junaidi meminta pemerintah untuk memublikasikan laporan anggaran dan kegiatan selama tri wulan pertama pada tahun 2016 ini.
Desakan tersebut disampaikan saat diskusi bersama wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember, Sabtu (19/3). Publikasi laporan tersebut merupakan informasi yang penting bagi publik.

“Pada bulan April nanti, seharusnya pemerintah di semua sektor sudah menampilkan semua informasi, termasuk laporan dana sisa selama Januari sampai Maret,” tegas pria mantan jurnalis Koran Tempo ini.

Kegiatan dan anggaran tri wulan, jelas Mahbub, termasuk dalam kategori informasi berkala yang patut disampaikan secara berkala oleh pejabat publik dan diketahui secara berkala oleh masyarakat luas.

“Informasi tersebut harus dipampang di media yang bisa dijangkau oleh publik, seperti pemerintah daerah yang sudah mempunyai website,” tuturnya.

Keterbukaan informasi, masih kata Mahbub, diperlukan untuk mendorong terciptanya transparansi, akuntabilitas, serta partisipasi publik. “Bisa mendorong masyarakat untuk ikut serta dalam pembangunan,” jelasnya.

Selain berkategori informasi berkala, ada tiga kategori lain. Diantaranya informasi serta merta, informasi tersedia setiap saat, serta informasi yang dikecualikan.

Reporter : Achmad Syaifuddin




No comments :

Post a Comment

Punya Informasi Penting di Sekitar Anda, Sampaikan ke Redaksi dengan menghubungi 081 358 328 188

Berita Terlaris

Mari Jaga Kesehatan

Makan Makanan Bergizi dan Seimbang


Redaksi Beranda Rakyat

Translate

Pemerintahan