Thursday 18 December 2014

Buruh PDP Jember Tuntut Realisasi Janji

Beranda Rakyat Jember -  Ratusan buruh Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kabupaten Jember, Jawa Timur, berunjuk rasa menuntut pemenuhan janji yang telah disepakati dengan direksi.

Unjuk rasa dilakukan di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrsi, Kamis (18/12/2014), diikuti buruh yang masih muda hingga sangat tua.


“Para buruh bekerja ada yang 40 tahun, 60 tahun, paling sedikit 15 tahun,” kata Dwi Agus Budianto, koordinator aksi.


Bayaran yang diterima para buruh sangat minim. Satu bulan mereka menerima kurang dari Rp. 500 ribu. Jauh dari patokan  upah minimum kabupaten. Kerugian buruh sangat besar. “Berapa kalau dihitung sesuai UMK,” tegas Dwi Agus.


Kondisi buruh jauh dari sejahtera. Jaminan sosial tidak diberikan. Tidak ada jaminan kecelakaan kerja, peralatan kerja membeli sendiri. “Hak kami buruh keajek, sampai saat ini masih terlantarkan,” ujarnya.


Tuntutan para buruh telah disampaikan pada Agustus lalu. Namun belum ada realisasi. “Di satu sisi kami bersabar, tindakan-tindakan perusahaan adalah menghabisi kami. Kami di-PHK, kami dimutasi, apa ini tidak brengsek,” tegasnya.
 
Tidak ada pejabat Disnakertrans yang menemui mereka. Kepala Dinas Akhmad Hariyadi dikabarkan sedang kunjungan kerja. Mereka kemudian menuju Pemkab Jember. Saat ini mereka masih berunjuk rasa. (aif)

No comments :

Post a Comment

Punya Informasi Penting di Sekitar Anda, Sampaikan ke Redaksi dengan menghubungi 081 358 328 188

Berita Terlaris

Mari Jaga Kesehatan

Makan Makanan Bergizi dan Seimbang


Redaksi Beranda Rakyat

Translate

Pemerintahan