Friday 31 May 2013

Peneliti Kesulitan Laporan Keuangan, Lemlit Unej Gelar Pelatihan

BERANDA RAKYAT JEMBER *Selama ini banyak peneliti yang menghadapi kendala saat dihadapkan dengan laporan keuangan setelah kegiatan penelitian dikerjakan.  Tidak heran jika banyak dosen yang suka meneliti namun kebingungan mengerjakan laporan pertanggungjawaban keuangannya.


Menghadapi masalah ini, Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Jember(Unej) mengambil terobosan baru dengan melatih tenaga penyusunan laporan keuangan penelitian. Sebanyak 73 peserta yang merupakan perwakilan dari semua fakultas dan program studi.

Kegiatan yang bertajuk “Pelatihan Pengelolaan Dan Penyusunan Laporan Keuangan Untuk Kegiatan Penelitian bagi Dosen Dan Staf Administrasi Universitas Jember” ini diadakan di aula lantai III Gedung Rektorat dr. R. Achmad, Jum’at (31/5). 

Menurut ketua Lemlit Universitas Jember, Prof. A. Subagio, PhD tahun ini ada 300 judul penelitian yang tengah dikerjakan oleh para dosen di Kampus Tegalboto. Jadi bisa dibayangkan akan ada 300 laporan keuangan penelitian yang harus dikerjakan, sementara jika menggantungkan pada staf Lemlit yang hanya 22 orang tentu saja tidak mungkin.

“Solusinya kami mendidik tenaga penyusunan laporan keuangan penelitian di setiap fakultas dan program studi untuk membantu para peneliti, selain tentunya untuk mewujudkan Good University Governance,” jelas pakar tepung singkong ini.
Universitas Jember sendiri menargetkan tahun ini 60 persen dosennya melaksanakan penelitian dari angka sebelumnya yang hanya 20 persen. Target meningkatkan jumlah dosen yang meneliti ini diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas belajar dan mengajar yang muaranya meningkatkan kualitas Universitas Jember.

“Bagi dosen, mengajar itu layaknya mengkomsumsi karbohidrat, sementara meneliti itu asupan protein dan vitamin. Jadi tanpa meneliti maka tubuh kita tidak sehat,” ujar Dr. Zainuri, MSi Wakil Ketua Lemlit saat memberikan materi Pengelolaan Block Grant Penelitian di hadapan peserta. 

Pelatihan kali ini bertujuan untuk membangun sistem adminsitrasi pelaporan keuangan penelitian. Pelatihan yang berlangsung selama sehari ini juga menghadirkan pemateri dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember yang memberikan materi Perpajakan Dalam Penelitian. Para peserta juga melaksanakan simulasi pertanggungjawaban keuangan secara elektronik di bawah supervisi Taufikurrohman, SE., MSi.Ak dari Satuan Pengawas Internal Universitas Jember. (dins

No comments :

Post a Comment

Punya Informasi Penting di Sekitar Anda, Sampaikan ke Redaksi dengan menghubungi 081 358 328 188

Berita Terlaris

Mari Jaga Kesehatan

Makan Makanan Bergizi dan Seimbang


Redaksi Beranda Rakyat

Translate

Pemerintahan